Cara Mengetahui Nama Driver Komputer Dan Cara Menangani Driver Yang Belum Terinstal


Bismillah,,,gyansmuslim.blogspot.com

Mungkin agak kesel juga kalau kita baru Instal ulang OS Kompi / Laptop kita, tapi ada driver yang belum terinstal secara otomatis. Permasalahan ini bisa disebabkan karena software OS yang diinstal pada kompi / laptop kita tidak menyediakan semua kebutuhan driver pada kompi / laptop kita, istilahnya tidak ada driver yang compatible untuk kompi / laptop kita pada software OS yang kita instal.

Sebenarnya ada cara praktis untuk mencegah kejadian seperti ini, seperti mengunakan software untuk BackUp driver, jadi kita tidak perlu takut driver kita akan hilang ketika menginstal ulang kompi/laptop kita, tapi tips saya kali ini tidak akan membahas tentang cara BackUp driver...;)

Tips saya kali ini adalah bagaimana cara kita mengetahui Merk dan Jenis driver yang belum terinstal, dan cara mencari / mendownload driver tersebut.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kita bisa cek dulu driver apa saja yang sudah terinstal dan driver apa saja yang belum terinstal di kompi/ laptop kita, ikuti langkah-langkah berikut :

Silahkan klik kanan pada My Computer >> Properties >> Hardware >> Device Manager, setelah itu akan muncul jendela seperti di bawah ini :


Keteranngan gambar : gambar diatas menandakan driver SM BUS Controller belum terinstal. ( yang bertanda tanya / seru berwarna kuning ).

Selanjutnya klik kanan pada driver yang belum terinstal tersebut, lalu klik Properties, kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini, dan klik Details :


Setelah berada pada tab Details, ganti posisi scroll Device Instance Id dengan posisi Hardware Ids.

Kemudian klik kalimat pada baris paling atas kemudian klik Ctrl + c , contoh :

PCI\VEN_8086&DEV_27DA&SUBSYS_27DA8086&REV_01

Keterangan :
Kode : VEN_8086 (kode vendor driver = 8086)
Kode : DEV_27DA (kode jenis device = 27DA)

Nah,,,cara untuk mengetahui jenis device dan vendornya silahkan agan kunjungi dulu http://www.pcidatabase.com/
Masukkan kode vendor tadi (8086) pada Vendor Search, dan masukkan kode jenis device tadi (27DA) pada Device Search.

Setelah itu akan keluar jenis / deskripsi tentang driver anda dan nama vendornya. Berarti tugas agan2 skarang adalah mencari driver tersebut, pencarian driver bisa lewat Google.com....cari yang free ya...;)

Sekedar tips : untuk pencarian driver bisa juga dengan memasukkan semua kode tadi (PCI\VEN_8086&DEV_27DA&SUBSYS_27DA8086&REV_01)ke pencarian google.com.

Semoga bermanfaat,,,,:)
Sumber :http://diniadistiani.wordpress.com/2011/06/30/cari-nama-driver-komputer/

Silahkan Berkomentar :


Ada 0 komentar “Cara Mengetahui Nama Driver Komputer Dan Cara Menangani Driver Yang Belum Terinstal”

Posting Komentar

:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :p :q :r :s :t
[Gunakan Form Komentar Klasik]

powered by Blogger | Modification by Gyanfs